Waktu Membaca: 7 menit

Mengenal 10 Jenis Atap Kanopi Beserta Harga dan Kelebihannya

jenis atap kanopi

Jenis atap kanopi terus berkembang dari waktu ke waktu, tetapi ada beberapa jenis yang menjadi unggulan dan pilihan banyak masyarakat khususnya Indonesia. Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi kepada Anda terkait jenis atap kanopi yang populer serta harga dan kelebihannya.

Kita mulai dari pembahasan fungsi dan kegunaan kanopi sebelum masuk ke bahasan jenis atap kanopi. Simak selengkapnya.

Kanopi adalah pelengkap struktur bangunan dengan fungsi sebagai atap tambahan demi melindungi dari panasnya sinar matahari langsung dan juga air hujan. 

Kanopi biasanya dipergunakan untuk melindungi bagian garasi pada rumah, area teras atau halaman, area taman, dan lain-lain. Dengan adanya kanopi membuat kita lebih leluasa beraktivitas di area yang tertutupi tanpa takut kepanasan ataupun kehujanan.

Selain fungsinya yang memudahkan, kanopi juga bisa menambah nilai keindahan rumah. Banyaknya jenis atap kanopi membuatnya bisa disesuaikan dengan tema rumah agar menciptakan kesan estetik.

Struktur Kanopi

Kanopi terdiri dari dua struktur yang tak bisa dihilangkan satu sama lain, yaitu rangka dan atap.

Baik rangka dan atap memiliki beberapa jenis yang bisa dikombinasikan jadi satu ke satuan dan dari masing-masingnya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Rangka Kanopi

Rangka kanopi dalam struktur rumah dan bangunan ibaratkan penyangga rumah, yang tentu haruslah kuat agar kanopi bisa berumur lama.

Kanopi umumnya dibuat menggunakan material yang kuat seperti besi hollow, stainless steel, baja ringan dan kayu.

Baca lebih lengkap: Jenis rangka kanopi

Atap Kanopi

Atap kanopi adalah suatu bahan yang menjadi penutup rangka yang saat ini beragam sekali jenisnya.

Jenis atap juga mempengaruhi daya tahan serta estetika pada kanopi, karena berbeda jenis berbeda pula tampilannya.

Jika saat ini Anda sedang ingin memasang kanopi pada bangunan atau rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar semuanya sesuai dengan apa yang diinginkan.

  1. Siapkan anggaran pasti yang diperuntukan sebagai dana pembuatan kanopi
  2. Tentukan penggunaan rangka dan atap kanopi menyesuaikan anggaran dan keinginan desain. Banyaknya jenis baik atap maupun rangka memudahkan anda dalam penyesuaian.
  3. Setelah tahu ingin mengunakan rangka dan atap yang mana selanjutnya adalah proses pengukuran luas area yang ingin dipasang kanopi. Dengan mengetahui luas area bisa membuat anda memperhitungkan biaya pemasangan kanopi
  4. Cari dan pilihlah jasa pemasangan kanopi yang memiliki pengalaman dan mumpuni serta terpercaya.

10 Jenis Atap Kanopi

Sekarang kita masuk ke dalam informasi utama yaitu jenis atap kanopi. Mari simak selengkapnya.

ilustrasi atap polycarbonate

1. Jenis Atap Polycarbonate

Jenis kanopi polycarbonate sangat cocok untuk berbagai jenis dan desain rumah. Dengan material yang tidak terlalu meredam cahaya matahari bahan ini cocok diaplikasikan pada area yang masih membutuhkan sinar matahari. 

Warna yang transparan membuatnya memiliki harga terjangkau, kalau bisa dibandingkan menggunakan atap polycarbonate sangat mirip dengan kanopi kaca. Dengan model yang hampir sama membuatnya elegan.

Karena tampilannya yang transparan kotoran yang terjatuh pada atap polycarbonate akan mengganggu estetikanya. Tetapi anda tak perlu khawatir soal hal tersebut, karena membersihkan atap ini sangatlah mudah. 

Hanya dengan menyemprotkan air sabun secukupnya akan mampu menghilangkan kotoran. Perawatan rutin ini bisa membuat penampilan dari atap polycarbonate lebih awet.

Atap polycarbonate juga memiliki beragam jenis yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya:

  • Solartuff
  • Solarflat
  • Twinlite
  • Starlite
  • Lexan
  • Carbolux
  • Lexan Carboron
  • GE, Molydex
  • X-Lite
  • Cladian Plast

Kelebihan atap polikarbonat di antaranya:

  • Material kuat dan ringan
  • Mampu meredam cahaya matahari
  • Tahan lama bahkan bisa sampai 10 tahun
ilustrasi atap spandek/zincalume

2. Jenis Atap Spandek/zincalume

Jenis atap spandek/zincalume memiliki material yang berbeda dengan polycarbonate, atap jenis ini berbahan seng, silikon dan aluminium. Dengan bahan tersebut membuat kanopi spandek memantulkan cahaya namun tidak meredam penghantaran panasnya. Jika ingin meredam panas yang dihasilkan Anda bisa menggunakan lapisan aluminium foil pada atapnya sehingga peredaman panas lebih maksimal.

Atap spandek memiliki profil ketebalan yang cukup tipis, jadi saat pemasangan atap jenis ini harus hati-hati agar tidak terjadi hal seperti penyok.

Kanopi spandek berlapiskan lapisan resin yang membuat atap ini mampu bertahan terhadap korosi yang membuat atap spandek sangat cocok di gunakan di cuaca ekstrim dan lokasi rumah di daerah pantai. 

Dengan bahan material yang digunakan pada atap spandek bisa membuat umur atap ini bertahan puluhan tahun.

ilustrasi atap alderon

3. Jenis Atap Alderon

Berikutnya ada atap kanopi alderon yang belakangan ini cukup populer. Atap alderon terbuat dari material UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) yang membuat atap ini mampu meredam suara benturan dan udara panas secara maksimal sehingga Anda yang menggunakan atap alderon akan merasakan sejuk. 

Hal itu karena struktur atap alderon yang memiliki rongga sehingga sirkulasi udara menjadi maksimal. 

Bahan UPVC alderon juga mampu meredam sinar UV sehingga membuatnya akan berumur lama, tidak mudah pecah dan ketahanan warna yang baik. Soal ketahanan atap alderon bisa dibilang salah satu yang terbaik

Tetapi dibalik kelebihannya tersebut harga dari atap alderon juga cukup mahal jika dibandingkan atap jenis lainnya.

ilustrasi atap onduline

4. Jenis Atap Onduline

Jenis atap onduline merupakan salah satu pilihan tepat jika diperuntukan untuk rumah minimalis. Dengan kekuatan yang kokoh, anti karat dan korosi serta peredaman suara yang optimal membuat atap ini cocok dijadikan pilihan.

Harga jual yang ditawarkan juga tidak semahal atap alderon alias lebih murah atap onduline. Dengan harga yang lebih murah Anda bisa mendapatkan atap dengan kualitas yang baik.

Kelebihan lainnya dari atap ini adalah sebagai berikut:

  • Mampu menahan bebas berat hingga 0,9 ton
  • Tahan terhadap angin kencang dan badai 
  • Cocok digunakan di wilayah atau negara empat musim
  • Memiliki beragam pilihan warna sehingga mudah untuk menyesuaikan dengan selera.
ilustrasi atap kaca

5. Jenis Atap Kaca

Secara tampilan atap kaca mampu membuat tampilan rumah menjadi tampak minimalis dan elegan. Penggunaan kanopi kaca adalah pilihan terbaik untuk anda yang ingin menampilkan kesan minimalis pada hunian. 

Namun menggunakan kaca sebagai atap tentu akan membutuhkan perawatan ekstra. Sifatnya yang bisa pecah dan mudah terlihat kotor menjadi salah satu yang harus menjadi perhatian. 

Maka melihat hal tersebut mengharuskan anda yang ingin menggunakan kaca sebagai atap kanopi harus siap melakukan perawatan rutin agar tampilan tetap berkelas.

ilustrasi atap solartuff

6. Jenis Atap Solartuff

Atap kanopi jenis atap solartuff menjadi pilihan baik jika Anda ingin menggunakan atap transparan selain kaca. Dengan tampilannya yang mengkilap dan transparan membuat atap solartuff sekilas terlihat seperti kaca. 

Tetapi berbeda seperti kaca yang rentan pecah, atap solartuff memiliki material yang tidak mudah pecah dan mampu meredam suara bising secara maksimal.

Kelebihan atap solartuff:

  • Bahan material yang kuat, lebih kuat dibanding kaca maupun akrilik
  • Tampilan yang elegan seperti kaca
  • Mampu meredam panas dan suara bising dengan baik
  • Pemasangan yang mudah
  • Tahan terhadap api dan cuaca ekstrim
ilustrasi atap go green

7. Jenis Atap Go Green

Atap kanopi go green adalah solusi paling baik untuk menerapkan kanopi ramah lingkungan. Bisa dilihat dari namanya GO GREEN sudah mempresentasikan ramah lingkungan. 

Yak, atap jenis ini adalah atap yang dibuat dengan material bahan dasar plastik dikombinasikan dengan bahan-bahan kimia terbaru dan struktur yang telah dipatenkan dan bisa didaur ulang. Berbahan bebas toxic sehingga sangat aman untuk kesehatan dan bebas korosi.

Soal harga, atap go green cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan jenis atap kanopi lainnya.

ilustrasi atap membrane

8. Jenis Atap Membrane

Kanopi membrane termasuk atap kanopi dengan harga yang cukup mahal namun hal itu tidak mengurangi peminatnya. Ada alasan tersendiri kenapa orang-orang tetap membeli atap kanopi membran.

Kanopi membran merupakan kanopi yang cukup kuat dan bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Tampilan dari atap membrane juga termasuk atap kanopi paling cantik dan indah dilihat mengikuti rangka sesuai dengan pilihan.

Kanopi membran juga memiliki sifat tahan terhadap sinar matahari, tidak mudah sobek karena sifat elastisnya.

ilustrasi atap fiber

9. Jenis Atap Fiber

Jenis atap kanopi fiber adalah atap yang diproduksi menggunakan material berupa serat sintetis dan diolah melalui serangkaian proses pabrikasi hingga menghasilkan lembaran atap. Atap fiber termasuk atap yang aman dan kuat untuk berbagai kondisi.

Atap fiber sangat cocok digunakan pada rumah atau gedung beriklim tropis seperti di Indonesia. Karena sifat yang transparan tetapi mampu meredam padan atap fiber biasa digunakan sebagai ventilasi cahaya pada bangunan dan penggunaan pada pabrik ataupun gudang.

ilustrasi atap kain

10. Jenis Atap Kain

Kanopi kain adalah jenis atap kanopi yang sama dengan kanopi membrane hanya saja biaya nya lebih murah. Meski harga yang ditawarkan murah anda tak perlu khawatir karena dengan memilih warna dan model yang tepat akan membuat atap kain terlihat mewah.

Jenis atap kain sangat cocok dipergunakan untuk cafe hingga hotel karena bisa membuat kesan estetik. Banyak juga jenis kain yang bisa dipilih seperti kain kanvas, katun, akrilik dan polyester.

Atap kain memiliki jenis lain yaitu atap awning gulung, perbedaannya hanya pada rangka kanopinya. Atap awning gulung bisa dilipat menggunakan remote, sehingga bisa membuka dan menutup sendiri.

Itulah 10 jenis atap kanopi yang umum digunakan saat ini. Semua penggunaan atap kanopi bisa disesuaikan dengan selera dan budget yang Anda miliki. Untuk itu bijaklah dalam memilih agar hasilnya memuaskan dan sesuai.

Daftar Harga

Berikut kami berikan sekilas gambaran harga jenis atap kanopi saat ini, untuk lebih lengkapnya Anda bisa mengunjungi halaman daftar harga kanopi per meter.

BahanJenis RangkaJenis AtapHarga Per Meter
Kanopi baja ringan
Baja ringan (profil c7d, reng 33) double
Onduline390.000
Spandek/zincalume
350.000
Alderon
570.000
Go green
325.000
Polycarbonate360.000
Kanopi baja ringan/galvalum (tebal 0.75 cm)
Full rangka
Go green
290.000
Model elegan
Go green
265.000
Model minimalis
Go green
240.000
Kanopi besi hollow
Go green
335.000
Polycarbonate360.000
Spandek/zincalume
375.000
Onduline385.000
Alderon585.000
Kaca recasens
695.000
Kaca tempered
1.350.000
Kanopi hollow stainless (model flat)
Hollow stainless 4×4 (1.2mm) 304 & 201
Polycarbonate780.000 – 1.550.000
Hollow stainless 4×6 (1.2mm) 304 & 201
Polycarbonate870.000 – 1.650.000
Kanopi pipa stainless (model flat/lengkung)
Pipa stainless 1-1/4(1.2mm) 304 & 201
Polycarbonate690.000 – 1.550.000
Pipa stainless 1-1/2(1.2mm) 304 & 201
Polycarbonate780.000 – 1.550.000

Itulah informasi jenis atap kanopi dan daftar harganya, semoga dengan adanya informasi yang kami berikan bisa membantu memudahkan Anda dalam menentukan pemilihan atap kanopi.

Jika anda membutuhkan bengkel las kanopi untuk mengerjakan kanopi impian bisa segera menghubungi kami melalui layanan kontak yang tersedia pada website ini. Kami adalah bengkel las berpengalaman yang sudah belasan tahun berjalan di bidang ini. Sudah banyak proyek kami kerjakan dengan berbagai macam permintaan dan semua hasilnya memuaskan.

Pilihlah bengkel las terdekat dari rumah yang telah memiliki pengalaman, jangan asal dalam memilih karena bisa menentukan hasil akhirnya.

Bagikan halaman ini:

Related Posts